Kamis, 23 April 2009

KUNJUNGAN INDUSTRI MAHASISWA STTIND PADANG





Seminar kurikulum berbasis kopetensi jurusan Teknik Lingkungan dan Teknik Pertambangan telah dilaksanakan pada tanggal 18 April 2009 telah melahirkan imput kurikulum yang bisa di jadikan acuan kurikulum untuk pengajaran yang akan mencetak tenaga profesional sarjana program studi bidang masing.

Satu lagi unit kegiatan yang diharapkan mampu mendatangkan input untuk mahasiswa sebagai dasar perbandingan antara ilmu atau teori yang didapat di bangku kuliah dan lingkungan industri. Pada hari Rabu tanggal 22 April telah dilaksanakan Kunjungan industri mahasiswa STTIND jurusan Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi, ke PT. Pasamanmarama Sejahtera yang berlokasi di Sungai Aur Pasaman, dimana perusahan ini dibawah naungan Incasi Raya Group yang dipimpim oleh Direktur utama Bapak Ir. H. Zainal Arifin

Dengan melalui perjalanan panjang sekitar 5,5 jam dari Padang menuju Sungai Aur dan rombongan pun begerak mamasuki kawasan perkebunan sawit milik PT. Pasamanmarahma Sejahtera (PT. PmPOM), dengan kondisi jalan naik turun bukit perkebunan yang tidak diaspal, hal ini tidak menyurutkan semangat para rombongan kunjungan industri STTIND Padang yang juga di pandu oleh Alumni STTIND Padang oleh Bapak Ir. Syafrizal dan disertai lansung oleh Ketua Yayasan Muahamad Yamin Padang, Bapak, H Riko Ervil, ST, berserta Ketua Jurusan Teknik Industri, Tri Ernita, ST, MP dan Ketua Pelaksana Nofriadiman, ST, untuk menuju Lokasi Pabrik yang memakan perjalanan di perkebunan 1,6 jam.

Sesampai di pabrik rombongan lansung disambut oleh Maneger Pabrik Bapak Jhoni Syarief dan Staf lainnya dan juga disambut oleh salah satu Alumni STTIND Padang Irmalida, ST (Alumni BP 97) yang bertempat di kantor pusat perusahaan tersebut. Setelah Beristirahat dan shalat di mesjid mess perusahaan dan makan dikantin perusahan. Mahasiswa melanjutkan program kerja mengenal Aliran Proses pabrik yang lansung di pandu oleh bapak Rijal Kepala KTU dan bapak Rudi Kasanof sebagai Wakil Manejer Pabrik dan Bapak Robert Edwar asisten Maneger Kebun dan Humas.

Rasa ketertarikan dan minat mahasiswa, dibimbing dan pengarahan lansung oleh unsur pimpinan perusahan tersebut diatas dengan sungguh sungguh, yang dimulai dari tempat penimbangan bahan baku, penampungan bahan baku, pengolahan serta sampai pemisahan limbah padat yang dimanfatkan kembali sebagai bahan input pada broiler pembangkit tenaga listrik.
Pada akhir kunjungan dilapangan rombongan mahasiswa diberikan kesempatan tanya jawab di ruang rapat pimpinan perusahan yang lansung dipimpin oleh Bapak Jhoni Syarief yang didampingi oleh staff lainya, banyak sekali terlontar pertanyaan dari mahasiswa sesuai dari bidang ilmunya masing- masing, mulai dari jurusan teknik Industri yang menanyakan proses pemisahan bahan mentah, dan kapasitas produksi dan lain lainya sedangkan pada jurusan Teknik lingkungan menanyakan mulai dari AMDAL, pengolahan limbah padat dan kering dan lainya.

Pada kesempatan ini STTIND yang di wakili oleh Aumni Ir, Syafrizal dan didampingi oleh Presiden BEM Abdussalam, NST dan DLM Haris Pratama juga menyerahkan bantuan kepada pembina karang taruna pada masyarakat Sungai Aur Pasaman tempat Lokasi pabrik ini berdiri.

Diharapkan dengan kunjungan industri ini, mahasiswa mampu berkopetensi di dunia kerja yang sesungguhnya nanti. Ucapan terima STTIND Padang kepada Ir. H Zainal Arifin selaku Direktur Utama Incasi Raya Group dan Bapak Jhon Syarif dari PT. Pasamanmarahma Sejahtera dan semua yang telah membantu kunjungan industri ini.

Diharapkan juga kepada alumni yang lainnya untuk dapat menfasilitasi mahasiswa STTIND Padang baik untuk melakukan kunjungan industri, magang, praktek, penelitian dan penerimaan tenaga kerja. Untuk itu panitia ucapakan terimakasih untuk semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar