Sabtu, 13 Desember 2008

B. VISI, MISI, DASAR DAN TUJUAN STTIND PADANG

Pendidikan amat penting bagi pertumbuhan kelangsungan hidup seseorang maupun bangsa. Bagi bangsa Indonesia, pentingnya pendidikan telah dituangkan dalam UUD 1945, yaitu “(1) Tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran” dan (2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional yang diatur oleh Undang Undang”. Sehubungan dengan itu, STTIND Padang sebagai suatu lembaga Pendidikan Tinggi juga berusaha untuk meningkatkan peran aktifnya dalam memenuhi tuntutan UUD 1945 tersebut.
Visi Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang adalah terwujudnya lulusan di bidang teknologi dan industri yang memiliki kemampuan akademik serta berjiwa kewirausahaan.
Misi Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang adalah melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, yang menekankan pada: (1) melaksanakan proses pendidikan bidang teknologi dan industri yang profesional serta didukung pengetahuan kewirausahaan, (2) mengembangkan penelitian yang sesuai dengan dinamika teknologi dan industri, dan (3) melaksanakan pengabdian pada masyarakat dibidang teknologi dan industri sesuai dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat.
Dasar penyelenggaraan pendidikan di STTIND Padang antara lain memperhatikan kebijaksanaan dalam peningkatan mutu dan kesempatan memperoleh pendidikan sebagaimana yang dituangkan dalam GBHN (TAP MPR No. II/1983) yang antara lain menyatakan bahwa “Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa”. Dalam hal ini STTIND Padang berjalan sejajar dan tak dipisahkan dari perkembangan sektor pendidikan secara keseluruhan.
Tujuan dari Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang adalah untuk membentuk manusia-manusia susila yang cakap, beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, serta mempunyai keinsyafan bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya, untuk dirinya pribadi dalam mengusahakan ilmu pengetahuan, mampu dalam memangku jabatan negara atau pekerjaan masyarakat yang membutuhkan pendidikan, pengajaran berilmu pengetahuan.

1 komentar:

  1. ada lowongan untuk jadi dosen di jurusan teknik lingkungan ga ya????

    BalasHapus